Hot News

Tingkatkan LPE, Sekretaris FPD DPRD Jabar: Infrastruktur Harus Digenjot

BANDUNG - Target pertumbuhan ekonomi yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat harus ditunjang berbagai kesiapan. Salah satunya terkait infrastruktur agar mampu mengundang banyak investasi ke Jabar.

Ketua Komisi III DPRD Jabar Didin Supriadin mengatakan, pemprov harus menyiapkan infrastruktur sebaik mungkin agar mampu mencapai target pertumbuhan ekonomi 2015 ini. Terlebih, menurut Didin, tahun ini Jepang berniat meningkatkan investasinya.

"Terkait rencana Jepang yang tertarik invetasi pelabuhan, akan lebih baik kalau infrastruktur dan SDM-nya kita persiapkan sebaik mungkin," kata Didin, Selasa (10/2). Lebih lanjut Didin katakan, rencana Jepang yang akan meningkatkan investasinya patut diapresiasi.

Hal ini akan berdampak baik terhadap pertumbuhan ekonomi Jabar. "Secara prinsip ada investasi masuk ke kita," katanya.

Kendati begitu, Didin berharap, pemerintah provinsi harus mempertimbangkan berbagai aspek terkait investasi tersebut. "Jadi, kalau positif, kita menyambut baik, kita dukung," katanya.

Didin menambahkan, selain infrastruktur, hal lain yang harus dipersiapkan Pemprov Jabar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yakni dengan menyediakan database potensi investasi. Didin mengingatkan, investasi yang ditanamkan harus mengungtungkan kedua belah pihak.

"Jadi kerja sama dan MoU-nya dibicarakan kedua belah pihak. Yang pentingkan menguntungkan untuk kedua-duanya. Bisa membantu kesejahteraan di Jabar, bisa mengurangi pengangguran dan untung buat investor," katanya.

Maka dari itu, Didin meminta, database yang ditampilkan harus mampu menggambarkan potensi dan peluang investasi di Jabar. Jika hal ini dipenuhi, akan memudahkan investor dalam menanamkan modalnya di Jabar, sehingga berdampak baik terhadap pertumbuhan ekonomi di Jabar.

"Data investasi harus baik, sehingga ketika ada negara asing ingin menanamkan modalnya, mereka tinggal memilih," katanya seraya menyebut dengan adanya database investasi, pembangunan di Jabar akan terkonsep dengan baik.

Untuk diketahui, Pemprov Jabar memprediksi laju pertumbuhan ekonomi (LPE) Jabar pada 2015 akan meningkat di atas 5,8 persen. Kepala Bappeda Jabar Denny Juanda mengatakan, hingga triwulan III  2014, LPE Jabar telah mencapai 5,61 persen.

Sementara pada triwulan II sebesar 5,63 persen dan triwulan I hanya 4,06 persen. Dengan pencapaian tersebut, diprediksi hingga akhir 2014 LPE Jabar tidak akan lebih dari 5,8 persen. [ded/dprd jabar]