Hot News

Survei Poltracking: Agus-Sylvi Meroket, Ahok-Djarot Merosot Tajam

JAKARTA - Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis hasil temuan terbarunya terkait tiga kandidat Gubernur DKI Jakarta. Hasilnya, reliabilitas pasangan pejawat DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, merosot tajam.

Sedangkan pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni, justru meroket. Bahkan elektabilitas nomor urut satu tersebut melebihi kedua pasangan lainnya. Untuk elektabilitas ketiga pasangan tersebut, Agus-Sylvi meraih angka 27,92 persen.

Kemudian disusul Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot mendapatkan 22 persen. Sedangkan pasangan nomor urut tiga, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, memperoleh 20,42 persen. Sementara untuk pemilih yang belum menentukan sebesar 29,66 persen.

“Ini kabar baik sekaligus tantangan bagi kami. Karena kami mulai dari nol dan kini memimpin. Tapi, ini masih tiga bulan lagi. Semoga tabungan ini tetap terjaga dan terus bertambah,” ungkap tim sukses Agus-Sylvi, Didi Irawadi Syamsudin, di Sofyan Hotels, Ahad (27/11)

Angka itu didapat setelah Poltracking Indonesia melakukan survei dari 7-17 November 2016, dengan menggunakan metode-stage random sampling. Dalam survei itu diikuti oleh 1.200 responden dengan margin of error sebesar kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sebelumnya, pada survei Poltracking Indonesia pada bulan September lalu, Ahok masih di atas 40 persen. Namun, pada survei saat itu, pasangan Agus-Sylvi tidak diikutkan, karena belum dicalonkan oleh partai politiknya sebagai kandidat. Maka dari itu, pada survei kali ini, Poltracking Indonesia menganggap Agus-Sylvi mulai dari nol. [republika/rhm]