Hot News

Rupiah Tembus 14.000 per USD, FPD: Kejadian 1998 Jangan Terulang.

JAKARTA - Melemahnya rupiah yang sudah mencapai Rp 14.000 per dollar Amerika Serikat khawatir akan menimbulkan sejarah kelam Indonesia terulang kembali. Dimana kondisi ini pernah terjadi pada tahun 1997-1998.
Untuk itu, Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Didik Mukriyanto meminta kepada Pemerintah segera bertindak agar perekonomian Indonesia runtuh. Mengingat, perekonomian Indonesia melambat pada tahun 1998 berakibat pada runtuhnya pemerintahan Orde Baru.
“Pelemahan rupiah ini harus menjadi perhatian yang sangat serius dari pemerintah. Tentu kita tidak akan lupa pada kejadian tahun 1997-1998, melemahnya rupiah ke level Rp. 14.000/$US sempat membuat kolaps perusahaan di Indonesia dan memporakporandakan perekonomian kita” ujar Didik, di DPR, Jakarta, Senin (24/8/2015).
Tambah Didik, penanganan melemahnya nilai mata uang rupiah jangan hanya melempar wacana-wacana. Bahkan, tidak perlu mengeluarkan pernytaan yang membingungkan pasar. Terlebih, melemahnya rupiah juga bisa disebabkan karena faktor dari luar.   
“Trend rupiah yang sepertinya kedepan terus melemah sudah barang tentu akan menggerus perekonomian Indonesia yang berimbas langsung kepada semakin lemahnya daya tahan masyarakat kita dalam menghadapi hidup. Kenaikan kebutuhan bahan pokok tidak bisa terhindarkan, sehingga menurunkan daya jangkau dan daya beli rakyat, yang bisa berakibat serius” jelasnya. [rhm/logikanews]