Hot News

Legislator Demokrat: Perbankan Syariah Harus Sentuh Nelayan Jabar

BANDUNG - Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) Herlas Juniar mengharapkan perbankan syariah dapat menyentuh seluruh nelayan Jabar untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan dengan pinjaman modal.
“Bank Syariah sudah memiliki beberapa produk yang bisa diakses nelayan, masalahnya tinggal bagaimana perbankan harus aktif ke nelayan,” kata Herlas kepada wartawan di Bandung, Selasa (29/3/2016).
Ia menuturkan perbankan memiliki berbagai program untuk membantu permodalan masyarakat produktif agar perekonomiannya sejahtera.
Perbankan, lanjut dia, harus lebih aktif mengetahui berbagai persoalan masyarakat termasuk nelayan dalam keinginan meningkatkan perekonomiannya.
“Misal, seperti nelayan membutuhkan kapal, Bank itu bisa membayar kapal, nanti nelayan nyicil ke bank,” kata politisi Partai Demokrat itu.
Ia mengungkapkan selama ini kalangan nelayan masih menghadapi kendala yakni harus ada agunan untuk menyerap pinjaman modal ke perbankan konvensional.
“Pemerintah sebenarnya punya program-program agar bisa diakses nelayan maupun petani, makanya bagaimana itu disampaikan kepada mereka,” katanya.
Ia berharap secepatnya perbankan syariah dapat hadir memberikan manfaat bagi masyarakat pesisir pantai Jabar.
Upaya membangun perbankan syariah itu, Herlas mengatakan akan mendorong masyarakat ekonomi syariah (MES) mengedukasi masyarakat nelayan tentang syariah.
“Kita dorong MES agar bisa menyebar merata, MES harus mengedukasi itu mengenalkan produknya sehingga bank itu lahir,” katanya. [jmol/ded]