Hot News

Pilkada Kota Cimahi: Asep Hadad Janji Awasi Pencemaran Limbah Pabrik

CIMAHI - Masalah pencemaran lingkungan di Kota Cimahi yang diakibatkan oleh limbah pabrik seakan tidak pernah ada solusinya. Oleh karena itu, berangkat dari rasa kepedulian terhadap lingkungan, calon Walikota Cimahi dari pasangan nomor urut 2 Asep Hadad Didjaya angkat bicara.

Asep menungkapkan, apabila dirinya kelak terpilih menjadi pemimpin di Cimahi, ia akan memperketat pengawasan terhadap seluruh pabrik yang ada di Cimahi.

“Pengawasan terhadap industri, sudah tentu harus ditingkatkan. Sebab, untuk mengatasi persoalan limbah di Cimahi harus ada komitmen bersama,” ungkap Hadad, Kamis (5/1/2017).

Dia mengatakan, untuk menjaga lingkungan dari pencemaran limbah pabrik, salah satu upayanya yakni perlu pendekatan kepada setiap perusahaan agar mereka sadar dan tidak membuang limbahnya sembarangan.

Menurut Asep, selama ini masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan pabrik, sepertinya memilih bungkam daripada mengadukan ke Pemerintah, begitu pun Pemerintah Cimahi yang selama ini dinilai melakukan pembiaran manakala ada pabrik yang melakukan pembuangan limbah sembarangan.

“Dari informasi yang menyebar, masyarakat ketakutan saat akan melaporkan ke pihak terkait, karena katanya, diduga ada yang membekengi setiap pabrik di Cimahi,” katanya.

Akan tetapi, kata dia, jika Pemerintah mau melakukan pendekatan ke tiap pabrik agar tertib dalam membuang limbahnya, menurutnya, upaya pendekatan tersebut dirasakannya akan berhasil. “Dengan pendekatan, kita bisa tahu lebih dalam lagi apa yang dilakukan oleh setiap pengusaha terhadap perusahaannya,” terangnya.

Untuk itu, diharapkan seluruh elemen masyarakat juga bisa saling memahami dan memiliki komitmen bersama untuk mejaga lingkungan. Sebab, kata dia, pemerintah tidak mungkin mencabut izin dan menutup industri yang ada di Cimahi.

“Saya harap, masyarakat jangan takut untuk melaporkan ke pihak terkait jika mengetahui ada pabrik yang seenaknya membuang limbah,” pungkasnya. [pojoksatu/ded]