Hot News

Partai Demokrat Kembali Berkoalisi dengan PPP di Pilkada Sumedang


SUMEDANG
- Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sumedang, Otong Dartum, menyatakan bahwa Demokrat akan kembali berkoalisi dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Sumedang 2018.
Hal tersebut dikatakan oleh Otong Dartum dalam acara Konsolidasi Partai Demokrat (PD) Sumedang, di kantor DPC Partai Demokrat Sumedang, hari Minggu (22/10). Partai Demokrat Sumedang pun telah memastikan akan mengusung Erwan Setiawan. S.E., sebagai calon wakil bupati Sumedang, mendampingi Dony Ahmad Munir yang telah mendapatkan rekomendasi dari DPP PPP sebagai calon bupati.
Menurut Otong Dartum, terpilihnya Erwan Setiawan untuk bertarung dalam pilkada Sumedang nanti, atas perintah dari Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.
Otong juga menambahkan bahwa ada dua partai lain yang siap berkoalisi dengan Demokrat dan PPP, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Sebenarnya, kata Otong, baru PKB yang telah menyatakan akan ikut berkoalisi, sementara PAN Sumedang belum bisa dipastikan. Namun Otong mengaku bahwa PAN sudah hampir pasti akan bergabung dengan koalisi yang dibangun oleh Partai Demokrat, PPP dan PKB. Jika PAN jadi bergabung, maka total dukungan kursi di legislatif total berjumlah 14 kursi.
“Dan itu sudah cukup bagi kita untuk mengajukan calon bupati dan wakilnya,” ujar Otong
Dalam sambutannya, Otong menyatakan bahwa Partai Demokrat telah memberikan surat tugas kepada Erwan Setiawan untuk mencari ‘teman’ koalisi. Sebelumnya PD Sumedang memiliki beberapa kandidat bakal calon bupati/wakil bupati yaitu Sonia Sugian, Euis Muly. Namun dari semua nama yang disodorkan oleh PD, ternyata nama Erwan lah yang disetujui oleh partai – partai tersebut.
Dengan telah bulatnya dukungan kepada Erwan Setiawan untuk maju sebagai calon wakil bupati Sumedang, Otong menyatakan sebagai ketua DPC, dirinya akan menjalankan amanat dari Partai Demokrat.
“Kang Erwan ini merupakan figur yang sudah dikenal oleh masyarakat Sumedang. Selain anak dari manajer Persib, kang Erwan ini merupakan kader senior di Partai Demokrat, bahkan beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Bandung pada periode sebelumnya.” kata Otong.
“Selain itu, visi misi dari Kang Erwan ini sudah sejalan dengan amanat dari Partai Demokrat,’ lanjutnya.
Dalam kesempatan tersebut, Otong Dartum juga mengatakan bahwa untuk menghadapi pemilu legislatif, PD Sumedang telah menyelesaikan proses verifikasi di KPU Sumedang.
”Oleh sebab itu, mari kita bersama bekerja keras membesarkan Partai Demokrat agar bisa memenangkan pilkada dan pileg yang akan datang,” pungkas Otong Dartum. [eljabar/ded]