Hot News

Asep Wahyuwijaya: Budaya merokok sudah menjalar ke anak-anak

BOGOR – Para pelajar zaman sekarang semakin berani merokok di tempat umum. Entah tidak ada teguran atau memang ada unsur pembiaran di kalangan orang tua dan lingkungan sekitar, sehingga mereka tidak malu lagi merokok di ruang publik.
Hal itu terlihat pada sejumlah pelajar SMP di Kecamatan Cileungsi. Sepulang sekolah, sejumlah siswa memilih menghampiri warung dan membeli satu hingga dua batang rokok. Mudahnya mendapatkan rokok oleh sejumlah pelajar menjadi salah satu penyebabnya.
“Budaya merokok sudah menjalar ke anak-anak. Bahkan, kini para siswa secara terang-terangan menghisapnya. Hal ini karena mudahnya mendapatkan rokok di kalangan pelajar,” ujar anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Asep Wahyuwijaya kepadaRadar Bogor.
Selain itu, pengawasan yang minim dari sekolah pun membuat siswa kian bebas. Alhasil, mereka merasa tak masalah jika ketahuan merokok oleh guru maupun orang tua.
“Pembinaan sejatinya harus dilakukan dari sekolah melalui guru serta di rumah melalui orang tuanya. Jika setingkat SMP sudah mulai merokok, ini berpotensi kepada candu lainnya, seperti minuman keras, dan narkoba saat dewasa nanti,” tukas Asep. [pojoksatu/ded]