Hot News

Pak SBY Keliling Pulau Jawa, #SBYTourDeJava Jadi Perbincangan Netizen Indonesia

BANDUNG - Selama dua pekan ke depan, Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan melakukan Tour De Java. SBY dan rombongan akan mengunjungi empat provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur.
SBY mengaku ingin kembali menyapa rakyat setelah purna tugas dalam 10 tahun kepemimpinannya. Ia ingin mengetahui apakah program pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla sudah cukup tepat dan diterima di tengah-tengah masyarakat.
SBY juga menyatakan, kunjungan politik tersebut merupakan upaya untuk mendengar aspirasi rakyat dan kader menjelang Pilkada Serentak 2017.
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menjadi kota perdana yang disambangi oleh SBY dalam perjalanan ini. Dengan menggunakan tema #TourDeJava, perjalanan safari SBY dan rombongan kerap menjadi perhatian netizen di media sosial.
Pantauan redaksi eveline selama periode 8-9 Maret 2016, hashtag #TourDeJava cukup ramai diperbincangkan publik. Hingga berita ini dimuat #TourDeJava menuai 8.791 tweet. Puncak perbincangan netizen terjadi pada 9 Maret dinihari tadi malam, dengan jumlah cuitan mencapai 1.251 tweet.
Banyaknya tanggapan netizen atas kegiatan ini menyebabkan kata kunci Pak SBY masuk ke dalam jajaran trending topic siang ini. Jumlah cuit netizen dengan kata kunci Pak SBY tercatat mencapai 1.297 tweet.
Sekjen Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan melalui akun twitternya mencuit bahwa SBY menyatakan cukup atas dua periode kepempinannya. “Yusuf, bandung, minta SBY memimpin kembali. “Tks utk semuanya. Saya cukup dua periode. Kita cari tokoh baru yg baik”,kata SBY.#SBYTourDeJava“. 
Sementara, seorang netizen bernama Comate melalui akun twitternya @Raatnaa_idr23 berharap agar SBY tetap diberikan kesehatan dan menjadi pemimpin yang ramah. Semoga pak SBY sehat selalu dan tetap menjadi pemimpin yg sederhana dan ramah kpd rakyatnya #SBYTourDeJava“. 
Dalam perjalanannya nanti, SBY dan Ibu Ani akan menyempatkan diri untuk nyekar di makam Pak Sarwo Edhie Wibowo di Purworejo serta menghadiri pernikahan putri dari Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Surabaya, pekan depan.
Rangkaian kegiatan akan ditutup dengan Rapat Koordinasi dengan 34 Ketua DPD-PD se-Indonesia untuk membahas pemenangan Pilkada 2017 serta isu isu terkini. [eveline/ded]