Hot News

9 Partai Nonparlemen Deklarasi Dukung Agus-Sylviana

JAKARTA - Sembilan partai nonparlemen dan dua organisasi kemasyarakatan mendeklarasikan diri sebagai Koalisi Bhineka Tunggal Ika dan menyatakan dukungan mereka kepada pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni. Dukungan itu disampaikan langsung kepada Sylviana di Posko Pemenangan Agus-Sylvi, Jakarta, Senin, 26 September 2016.

Sembilan partai politik itu ialah Partai Matahari Bangsa, Partai Pakar Pangan, Partai Pelopor, Partai Pribumi, Partai Buruh, Partai Kebangkitan Nasional Ulama, Partai Kasih Demokrasi Indonesia, Partai Persaudaraan Indonesia, dan Partai Persatuan Demokrasi Indonesia. Adapun dua ormas yang ikut bergabung ialah Persatuan Masyarakat Pemilih Jakarta dan Garda Republik Indonesia.

"Pada 23 September 2016, kami telah menyepakati berdasarkan penelitian kami dan kami mempelajari secara mendalam tiga pasangan kandidat. Kami mempertimbangkan, memusyawarahkan untuk kemaslahatan Kota Jakarta dan warga Jakarta. Dengan ini, kami memperhatikan keinginan yang kuat untuk mewujudkan perubahan di Jakarta," kata Ketua Dewan Pimpinan Koalisi Bhinneka Tunggal Ika Arif Rahman saat berpidato di atas mimbar.


"Dengan itu kami mendukung salah satu calon untuk Jakarta ke depan. Maka, kami, dengan ini Koalisi Bhineka Tunggal Ika, menyatakan, memutuskan, dan menetapkan memberikan dukungan utuh kepada Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni untuk cagub dan cawagub DKI Jakarta 2017-2022," ujarnya.

Sylviana, yang hadir dan menerima langsung pernyataan koalisi itu, menyampaikan rasa terima kasihnya. Menurut dia, dengan adanya dukungan tersebut, dia dan Agus semakin terpacu untuk mewujudkan Kota Jakarta bagi rakyat. "Alhamdulillah, terima kasih kepada Koalisi Bhineka Tunggal Ika yang telah memberikan dukungan kepada kami berdua," katanya.

Agus Yudhoyono tak tampak hadir dalam acara tersebut. Sylvi mengatakan Agus tidak dapat hadir karena ada beberapa urusan yang tidak bisa ditinggal. "Saya mewakili Mas Agus yang tidak bisa hadir karena ada urusan. Kami mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya," tuturnya.

Dalam pilkada Jakarta, pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni didukung empat partai politik di parlemen, yaitu Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Amanat Nasional, dan Partai Kebangkitan Bangsa. [tempo/rhm]