Hot News

17 PAC Partai Demokrat Dukung Mamat Robby di Pilbup Kuningan

KUNINGAN - Pasca ditutupnya pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Kuningan dari partai Demokrat, berbagai macam cara dilakukan oleh masing-masing calon demi mendongkrak elektabilitas mereka.
Untuk diketahui, ada dua nama yang kini berlomba untuk mendapatkan surat rekomendasi dari partai berlambang mercy tersebut yakni  H Mamat Robby Suganda (MR) dan Yosa Octora Santono.

Dari pantauan Rakyat Cirebon di lapangan, sebagai pesaing MR, putra dari H Amin Santono kerap melakukan sosialisasi ke berbagai lini di grasroot. Berbeda dengan Mamat Robby, anggota DPRD Provinsi Jabar periode 2009-2014, yang lebih fokus pada pendekatan struktur partainya.

Seperti saat ditemui di kediaman mantan anggota DPRD Kuningan Fraksi Demokrat, Dodo Sarip Juanda, Senin (1/5), berkumpul puluhan kader demokrat dan 17 diataranya menjabat ketua PAC Kecamatan. Tampak pula beberapa pentolan lainnya seperti anggota DPRD Kuningan, Aldy, mantan birokrat, Edi Nugraha, dan mantan ketua DPC Demokrat Kuningan, H Dadang.

Disampaikan oleh Ketua PAC Demokrat Kecamatan Darma, Veny Andriani selaku inisiator acara, bahwa kegiatan berkumpulnya 17 PAC tersebut berdasarkan keinginan para PAC yang melihat sudah mendekatnya waktu Pilkada Kuningan.

"Saya juga sudah minta izin kepada Pak Ketua DPC Kuningan H Toto Hartono, untuk berkumpul dan mengundang H Mamat Robby. Pada intinya, kegiatan ini lebih mengedepankan silaturahim kepada salah satu kader terbaik partai yang merupakan kandidat bakal calon bupati juga," tuturnya membuka acara.

Meski bertemakan silaturahi, para PAC dan kandidat Bacabup Kuningan, namun pernyataan mendukung agar MR menjadi yang terpilih sebagai cabup dengan mendapat rekomendasi dari partai, disampaikan oleh ketua PAC Subang, Wawan.

"Saya bukan omong bohong, di daerah saya sudah banyak yang nanya Kalo Pak Robby maju lagi atau tidak, kalau maju akan dukung Pak Robby lagi. Berangkat dari situ, saya sudah bulat untuk memilih cabup yang sudah jelas dan berpengalaman yaitu Pak Mamat Robby," terangnya.

Gayung bersambut dari pernyataan dukungan tersebut, diamini oleh ke 16 PAC lainnya, sebagai langkah dukungan dari internal Demokrat untuk mendorong MR sabagai cabup dari Demokrat.

Mendapat dukungan dari 17 PAC, salah satu dari 250 orang kader utama partai Demokrat, H Mamat Robby, meminta agar kepada semua pihak yang mendukungnya tidak melakukan tindakan yang merugikan partai.

"Alhamdulillah, jika benar teman-teman PAC mendukung saya, tapi pesan saya dalam melakukan sosialisasi tolong jangan berat sebelah atau jangan hanya mensosialisasikan nama saya saja, tapi harus disosialisasikan juga kandidat lainnya. Karena dia juga adalah kader partai yang wajib didukung," ucap ketua Biro Kehutanan dan Pertanian, DPP Demokrat tersebut.

Meski meminta adanya dukungan yang seimbang, namun MR juga menekankan jika rekomendasi sudah turun kepada pihak manapun baik pada dirinya maupun Yosa, maka selaku kader partai harus total mendukung yang terpilih. Selain itu, disampaikan juga olehnya, bahwa mengingat survei internal yang akan dilakukan oleh partai, MR menyampaikan bahwa alat peraga akan dipasangan dalam waktu dekat.

"Dalam waktu dekat, alat peraga kampanye sudah akan didistribusikan. Saya berharap nanti para ketua PAC untuk dapat membantu memasangnya di tempat-tempat strategis dan jangan lupa sosialisasikan kami, bukan hanya kepada kader sendiri, tapi ke semua lapisan masyarakat," tutup MR.

Di akhir acara, dilakukan photo bersama MR dan 17 PAC yang menyatakan dukungan kepada MR. Adapun PAC yang sudah menyatakan mendukung, diantaranya adalah Luragung, Cimahi, Darma, Cilebak, Hantara, Kramatmulya, Jalaksana, Cigandamekar, Kadugede, Nusaherang, Cibereum, Maleber, Selajambe, Ciawigebang, Subang, Mandirancan, dan Sindangagung. [rc/ded]