Hot News

Saeful Bachri; Caleg Demokrat “Seja Babakti ka Lemah Cai”


BANDUNG
 – Sebagai putra daerah yang lahir di Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, calon anggota DPRD Jawa Barat dari Partai Demokrat bernomor urut 5, Saeful Bachri, S.H., M.P.A merasa terpanggil untuk mengabdi ke masyarakat, dengan tagline-nya “Gawe Rancage, Seja Babakti ka Lemah Cai”.
Kang Epul, sapaan Saeful Bachri, mengaku prihatin dengan kondisi yang terjadi di lingkungannya di Dayeuhkolot dan Baleendah di mana saban tahun disergap banjir akibat luapan Sungai Citarum. Epul sendiri mengaku langganan korban banjir musiman itu.
“Saya lahir di Dayeuhkolot dan besar di Baleendah, dari saya masih kecil sampai sekarang banjir masih terus terjadi selama 30 tahun. Dari situlah saya tergerak ingin membantu meringankan apa yang menjadi permasalahan yang selama ini ada di tengah masyarakat, salah satunya soal banjir,” ungkap Epul kepada Balebandung.com, Sabtu (26/1/19).
Selama ini, kata Epul, masyarakat seolah lebih mengandalkan eksekutif dengan birokrasinya dalam memecahkan setiap permasalahan di tengah lingkungannya. “Jadi, kalau kita di dewan bisa penetrasi langsung untuk mengabdi kepada masyarakat, kenapa tidak? ” ujar pria kelahiran Dayeuhkolot 12 Juni 1973 ini.
Epul pun banyak berkecimpung di Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan ikut aktif dalam sejumlah program. Salah satunya sejak tahun 2010 ia aktif di Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat yang kini menjabat sebagai sekretaris.
“Nah, karena saya banyak aktif di level provinsi, makanya saya nyaleg langsung ke DPRD Jabar. Dari situ saya ingin link-link di Jabar bisa saya tarik ke Kabupaten Bandung, begitu juga sebaliknya, apa yang menjadi potensi termasuk permasalahan yang ada di Kabupaten Bandung bisa saya tarik ke lingkup Jawa Barat,” terangnya.
Aktivitasnya di Pramuka Jabar dan sebagai Ketua Club Basket Patriot Baleendah, Kab Bandung merupakan sampingan di tengah profesinya sebagai wirausaha. Selain menjalani bisnisnya di bidang penerbitan, suami dari Lia Heryawati ini juga pemilik Yayasan Cahaya Insan Islam yang membuka Paud, Pokber, dan TK.
Lebih dari itu Epul pun menjadi Ketua Staf Ahli Anggota Komisi IX DPR RI Dede Yusuf Macan Efendi, yang mengantarkannya pula untuk turut terlibat dalam kegiatan politik praktis. Kini Epul juga dipercaya sebagai koordinator Imah Rancage, rumah aspirasi dari Dede Yusuf di Baleendah.
“Saya baru gabung dengan Demokrat pada November 2017 dan di DPD Demokrat Jabar menjabat Ketua Divisi Siaga Bencana,” ungkap ayah dari lima anak ini.
Puluhan tahun menjadi relawan di berbagai medan pengabdian telah menempa dan memperluas cakrawala seorang Kang Epul tentang bagaimana pentingnya membuat perencanaan dan solusi agar permasalahan krusial di daerah-daerah, khususnya Jawa Barat, bisa secara cepat dan tepat diselesaikan.
Sebagai Caleg DPRD Jabar, Kang Epul menandaskan dirinya siap mengemban amanah masyarakat Kabupaten Bandung untuk bekerja keras melakukan 14 Prioritas Partai Demokrat. [balebandung/ded]