Hot News

Demokrat Jabar Siapkan Saksi Andal untuk Menghadapi Pilkada 2017

BANDUNG - Menghadapi pelaksanaan Pilkada di beberapa daerah, DPD Partai Demokrat Jawa Barat menyiapkan para saksi andal. Mereka ditempa di sekolah saksi Cikole Jayagiri Resort. Rencananya kegiatan yang diikuti oleh ratusan kader partai Demokrat Jawa Barat tersebut akan digelar mulai pada tanggak 19-21 Mei 2016

"Program Sekolah Saksi ini bertujuan untuk memenangkan berbagai‎ event pemilihan kepala daerah, legislatif hingga pilpres. Kami harapkan mereka bisa menjadi saksi yang handal," jelas Sekretaris Partai Demokrat Jawa Barat, Herlas Juniar Kepada wartawan, Kamis (19/5).

Dikatakannya, sekolah para saksi ini merupakan program dari DPD Partai Demokrat Jabar untuk melakukan pembenahan dan memperkuat soliditas dikalangan kader partai Demokrat. Selain itu dengan pelatihan yang dilakukan, para kader diharapkan bisa menjaring optimalisasi suara.

"Kami harapkan, para saksi ini nantinya dapat menjadi corong yang dapat memberikan informasi  bagi masyarakat di wilayah masing-masing. Sekaligus menjadi saksi pada proses pilkada nanti," katanya.

Diungkapkannya, sekolah para saksi ini akan dilakukan secara berkesinambungan. Pada tahap pertama, kata Herlas, pelatihan ini diikuti oleh para kader yang di wilayahnya akan mengikuti pilkada seperti Cimahi, Kab Bekasi dan Kab Tasikmalaya.

"Peran saksi ini sangat signifikan untuk mengamankan suara pada proses demokrasi. Bila ada kecurangan atau temuan sekecil apa pun di lapangan ‎dapat langsung dilaporkan,"ujarnya.

Dikatakannya, sekolah saksi , akan ‎menitikberatkan pada pengoptimalkan penggunaan IT bagi para saksi. ‎Tak hanya itu, para saksi juga akan dibekali berbagai aturan teknis yang diberlakukan dalam pilkada.

"Jadi dari sekolah saksi ini kami berharap itu akan mencetak saksi permanen dan terintegrasi sehingga tidak ada kebocoran suara pada pilkada mendatang," katanya. [galamedia/ded]