Hot News

Demokrat Kota Bandung Buka Pendaftaran Konvensi Balon Walikota Tanpa Pungut Biaya

BANDUNG - Proses pendaftaran bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung melalui tahapan konvensi yang dilakukan Partai Demokrat Kota Bandung, tidak memungut biaya sepeser pun. Proses pendaftaran sendiri dilakukan sekitar satu setengah bulan mulai dari 21 April hingga 31 Mei 2017 mendatang.

“Untuk pendaftaran bakal calon, kita tidak kenakan biaya. Tapi untuk ke depannya seperti untuk sosialisasi atau kampanye, ya harus keluar uang. Sekarang mah tidak ada yang gratis, apalagi untuk jadi wali kota tapi tidak mau keluar biaya,” ujar Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bandung, Erwan Setiawan di kantor sekretariat DPC Partai Demokrat Kota Bandung, Jalan Terusan Jalan Jakarta Kota Bandung, Rabu (19/4/2017).
Pendaftaran untuk bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang akan diusung Partai Demokrat di Pilwalkot Bandung 2018, terbuka bagi setiap masyarakat. ‎Namun yang menentukan bakal calon yang akan diusung akan melalui beberapa tahap. Mulai dari survei, psikotes, hingga visi misi‎ serta program kerja yang baik.
“Kita ingin calon berkualitas, tidak asal-asalan dan tidak hanya dari internal demokrat namun terbuka bagi tokoh masyarakat. Untuk syarat pendaftaran cukup ‎isi formulir pendaftaran, mengirimkan CV, ‎foto copy KTP, foto copy ijazah legalisir, foto copy akta kelahiran atau kenal lahir, surat domisili dari aparat setempat, pas foto, skck, serta surat keterangan sehat dan bebas narkoba. Sedangkan untuk surat keterangan hasil psikotes akan kita keluarkan dan pelaksanaan psikotes akan dilakukan tim independen,” terangnya.
Ketua Tim Penjaringan Partai Demokrat Kota Bandung, Aan Andi Permana menuturkan, selain melakukan penjaringan, pihaknya pun sekaligus mempersiapkan tahapan Pilwalkot Bandung 2018. Hal tersebut harus disiapkan dengan matang sehingga wali kota kedepan memiliki kapasitas, kualitas dan integritas.
“Melalui tim penjaringan diharapkan muncul ide yang visioner untuk Bandung lebih baik. Tim sudah mulai bekerja untuk lakukan tahapan yang sudah disetujui tim dan hasilnya akan dilaporkan ke DPC untuk ‎diajukan ke DPP melalui DPD,” tutur Aan.
Setelah pendaftaran ditutup pada 31 Mei, pihaknya akan melakukan verifikasi data sesuai dengan kriteria bakal calon yang diharapkan. Sehingga, tidak semua yang melakukan pendaftaran akan loloske tahap berikutnya.
“Kita targetkan pada bulan Juni 2017, bakal calon yang lolos dari seleksi verifikasi ditetapkan dan berhak lolos ke tahap berikutnya yakni tahapan konvensi terbuka secara umum. Dengan demikian hasil calon pemimpin dari Demokrat lebih baik dan melalui ‎konvensi tersebut masyarakat Kota Bandung bisa menilai siapa saja yg diusulkan partai demokrat,” paparnya.
Setelah itu, setiap bakal calon diberikan waktu untuk melakukan sosialisasi selama satu bulan. Mereka dipersilakan mengenalkan diri kepada masyarakat, terkait visi misi hingga program kerja mereka untuk Kota Bandung lebih baik.
“Dari waktu satu bulan ini, kita akan lihat hasil mereka melakukan sosialisasi melalui survey terakhir. Dan itu akan jadi bahan bagi kami mengajukan ke DPC, bisa ‎jadi ada dua atau tiga bakal calon. Dan DPC akan mengajukan ke DPP melalui DPD,” pungkasnya. [fj/ded]