Hot News

Siapkan Poros Baru, Demokrat Kota Cirebon Siap Deklarasi Bareng 3 Parpol

CIREBON - Setelah sebelumnya Gerindra dan PKS pastikan sehabis lebaran akan deklarasi koalisi bersama Demokrat, PKPI. Hal tersebut dipastikan oleh Ketua Fraksi Demokrat bahwa benar adanya rencana deklarasi koalisi setelah lebaran mendatang akan dilaksanakan. Meskipun akan ada kesepakatan bersama untuk melalui tahapan koalisi yang ada, baik survey nama calon dari Parpol koalisi hingga lembaga survey yang akan ditunjuk.
Ketua Fraksi Demokrat Kota Cirebon, Hndarujati Kalamullah SSos kepada Cirebonpos, Kamis (27/4) mengungkapkan, Demokrat akan menyusun proses MoU antara 4 partai politik lainnya untuk deklarasi koalisipilkada 2018. Dimana, kata dia, antara Demokrat, Gerindra, PKS, dan PKPI. Kemudian, lanjut Andru, pihaknya sudah bersepakat bahwa 4 partai politik tersebut akan berhimpun untuk membentuk poros 2018. Dalam koalisi tersebut, kata dia, tidak akan memunculkan dahulu siapa yang menjadi calon walikota dan wakil walikota. Masih kata Andru, akan ada kesepakatan dari 4 partai tersebut atau berembuk untuk menentukan lembaga survey. Selanjutnya, kata dia, setiap partai mengajukan calon untuk di survey.
“Kita akan membuat poros Pilkada 2018 dan akan menjadi pemenang dalam pilkada nanti,” ungkapnya.
Masih kata Andru, tidak hanya calon dari internal partai saja yang akan di survey, akan tetapi, pihaknya pun akan mengambil beberapa calon dari eksernal untuk ikut di survey. Adapun siapa yang nanti akan ditugasi menjadi calon walikota dan wakil walikota tentunya harus berdasarkan hasil survey menurut semangat kebersamaan antara 4 partai yang ada.
“Lembaga survey yang digunakan dari pusat tentunya yang indepndep. Siapa calon yang akan maju, tergantung kesepakatan bersama. Kita mengalir saja seperti air,” ujarnya
Untuk calon dari Demokrat sendiri, lanjut dia, Azis tentunya akan disurvey, dan bukan berarti posisi incumbent juga sudah aman. Karena semua dilihat dari hasil survey yang ada. Survey akan dilakukan sebanyak 3 kali pada saat sebelum pilkada dilaksanakan.
“Semua akan di survey sesuai kesepakatan bersama di koaliai nanti. Termasuk Pak Azis juga ya ikut dalam survey itu,” paparnya. [pc/ded]