Hot News

DPRD Jabar Dorong Pelaksanaan Pendidikan Karakter

CIMAHI - DPRD Jawa Barat meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pemerintah daerah lainnya untuk mendorong terciptanya pendidikan berkarakter. Sehingga pendidikan berkarakter pun bisa melahirkan generasi muda yang memiliki jiwa kepemimpinan tangguh dan memiliki rasa kebangsaan yang tinggi.

Anggota DPRD Jawa Barat, Herlas Juniar mengatakan, pe‎ndidikan berkarakter merupakan kebutuhan penting‎ ditengah perubahan jaman. Gerakan pendidikan berbasis karakter merupakan upaya untuk m‎elahirkan generasi unggulan yang siap berkompetisi dengan dilandasi nilai-nilai religius‎. 

"Pendidikan berbasis karakter ini memang harus terus didorong sejak dini dengan melibatkan guru dan tenaga pendidik PAUD hingga sekolah dasar. Karena bila pendidikan karakter ini diterapkan sejak dini maka diharapkan akan lahir generasi-generasi unggul di masa depan," Jelas Herlas yang juga merupakan pembina Forum Pendidik Karakter Bangsa (AFKAR) Cimahi, dalam sambutannya pada kegiatan Pelatihan Pendidikan Berbasis Karakter, dengan tema "Meningkatkan Kompetensi Pendidik Berkarakter Yang Memiliki Integritas dan Profesional‎" yang diselenggarakan oleh Forum Pendidik Karakter Bangsa (AFKAR) kota Cimahi, Minggu(24/4/2016).


Dikatakannya, Indonesia membutuhkan manusia berkarakter yang tahan banting dan mampu membangun negara. Pendidikan berbasis karakter sejak dini ini akan menentukan nantinya anak akan menjadi apa apakah pemalas, atau pejuang. Herlas menambahkan generasi saat ini memang sangat dimanjakan teknologi. Bila tidak diantisipasi maka pengaruh negatif dari teknologi seperti pornografi atau budaya asing akan masuk dan dikhawatirkan akan merusak masa depan bangsa. 

"Saya berharap agar di Jawa Barat, kota Cimahi khususnya dapat memiliki generasi yang berkarakter, relijius, kompetitif dan memiliki daya saing tinggi," katanya. [galamedia/ded]