Hot News

Anton Suratto akan Sekolahkan Puluhan Anak Jalanan Secara Gratis di Bogor

BOGOR – Puluhan anak jalanan (anjal), semeringah saat mendengar janji angota DPR RI Anton S Suratto, akan menyekolahkannya secara gratis.
Janji itu disampaikan saat reses di Sanggar Senja Anak Jalanan, Kelurahan Pabuaran Induk, Kecamatan Cibinong, Senin (9/5/2016).
Ada 60 anak jalanan yang dididik di Sanggar Senja Anak Jalanan. Umumnya, mereka putus sekolah karena faktor biaya. Bahkan, tak jarang yang justru menjadi tulang punggung bagi keluarga.
Melihat fenomena itu, Anton memastikan pendidikan para anak jalanan itu ditanggung negara. “Semua harus sekolah. Gak perlu pusing biaya dari mana, saya yang tanggung,” tegas politisi Partai Demokrat ini.
Menurutnya, dengan pendidikan, seseorang dapat memutus kasta kemiskinan. Meski lahir dari keluarga miskin, anak harus diberikan kesempatan mencicipi pendidikan formal.
“Kalau orang miskin nikah dengan orang miskin, pasti jadi miskin. Tapi, dengan pendidikan, anak miskin bisa jadi kaya,” terangnya.
Dalam kesempatan itu, Anton juga menjamin keberlangsungkan Sanggar Senja yang digunakan anak-anak jalanan untuk belajar. Anggota DPR yang tinggal di Desa Cikeas, Kecamatan Gunungputri, ini siap menjamin biaya kontrak setiap bulannya.
“Per enam bulan akan saya bayar,” janjinya.
Tak hanya itu, Anton juga mengkritisi kondisi  gedung penampungan para anjal dan gepeng di Kecamatan Citeureup. Menurutnya, Balai Kesejahteraan Sosial (BKS) itu sudah tak manusiawi.
“Meski bukan tugas komisi saya, akan saya sampaikan kepada kawan-kawan di DPR agar memperjuangkan tempat penampungan para jompo, gelandangan, dan anjal di Kabupaten Bogor itu,” paparnya.
Langka ini pun disambut baik Lurah Pabuaran Induk, Fikri. Pasalnya, umumnya para anjal ini warga Kelurahan Pabuaran Induk.
“Saya berterima kasih dengan bantuan ini. Semoga, para anjal ini bisa mendapat haknya untuk terus belajar,” tuturnya. [pojoksatu/ded]